Tag Archives: lomba masak

Resep Kue Kering Bahan Dasar Jagung Kombinasi Ikan “Paijo Jangan Slenco”

Hai bunda, masih semangat ber eksperimen di dapur kan bund…???
Akhirnya setelah beberapa bulan mamil nggak update sekarang bisa update lagi nih bund.

Bulan lalu, tepatnya tanggal 8 Mei 2017, alhamdulillah mamil berkesempatan mengikuti lomba memasak berbahan dasar jagung kombinasi ikan dalam rangka Hari Jadi ke-101 Tahun Kabupaten Sleman.

Pada ajang lomba masak yang bikin ibu-ibu greget dan antusias berkompetisi kali ini, alhamdulillah mamil berhasil pulang dengan membawa trophy Juara II kategori olahan kering.

Kali ini mamil ber-aksi dengan olahan yang namanya lumayan menggelitik, “Paijo Jangan Slenco” (Parijotho Jagung Ikan Sleman Cookies) . Nggak cuma keche di nama nya aja lho bund, soal rasa dan gizi Insyaa Allah  juga namberwan (hehe pede lah sekali sekali). Kebayang dong bunda, kompetisi tingkat kabupaten kayak gini pasti banyak olahan yang super kreatif, makanya kita kudu cari ide se-kreatif mungkin.

Di artikel kali ini, mamil bakal share resep olahan kombinasi jagung dan ikan ini pada bunda semua, semoga bermanfaat :

 

cookies berbahan dasar jagung kombinasi ikan - parijotho jagung ikan sleman cookies

cookies berbahan dasar jagung kombinasi ikan – parijotho jagung ikan sleman cookies

Bahan Cookies :

  1.  150 gr Mentega
  2. 150 gr Margarine
  3. 100 gr Gula bubuk
  4. 1 sdt Larome
  5. 4 butir Kuning telur
  6. 300 gr Terigu protein rendah
  7. 200 gr Tepung jagung
  8. 1 sdm Maizena
  9. 38 gr Ikan gurameh/nila/lele
  10. 75 gr Corn flake

 


Bahan Royal Icing :

  1. 100 ml Putih telur
  2. 500 gr Gula bubuk
  3. 1 sdt Cuka masak / air jeruk nipis
  4. 2 sdt Esens / pewarna

 


 

Proses Pembuatan Cookies :

  1. Ikan di kukus, ambil daging nya, lalu di gongso sampai kering
  2. setelah itu di blender.
  3. Corn flake di blender kasar.
  4. Campur semua bahan cookies jadi satu lalu aduk rata sampai bisa di pulung. menggunakan pisau pastry.
  5. Kemudian gilas dan cetak sesuai selera lalu dihias menggunakan icing sugar.

 


 

Proses Pembuatan Icing Sugar :

  1. Kocok putih telur dengan mixer sampai berbusa, masukkan gula bubuk secara bertahap, masukkan air jeruk nipis, kocok terus sampai mengental dan berbentuk krim yang mudah dioles/disemprot.
  2. Bagi adonan kedalam 3-4 mangkok, beri pewarna makanan dengan warna berbeda untuk setiap mangkok.
  3. Aduk rata, masukkan setiap warna kedalam plastik segitiga (piping bag).
  4. Gunting ujung piping bag, gunakan icing/glazur ini untuk menghias cookies.
  5. Setelah selesai dihias, oven kembali cookies berglazur dalam oven bersuhu 120 derajat celcius selama 5 menit atau sampai mengeras.

 

Oke sekian sharing resep dari mamil, semoga bermanfaat. Happy cooking bunda :)

post by : www.mamamilakitchen.com | 2017

Mini Jelly Art

Minggu lalu, alhamdulillah mamil dapet orderan 100 jelly art lagi untuk pengajian di Masjid Nurul Iman, yuuuuh seru nya nglembur bikin jelly art sampe tengah malem bikin mamil gemes, ditambah adek della yang kadang kadang rewel, alhamdulillah ada orang orang terpercaya yang siap 45 membantu mamil, mbk cicik yang dengan antusias bantuin dan nemenin mamil sekalian belajar nyuntik nyuntik jellly dan budhe sugeng yang siap 45 menghibur adek della yang ditinggal mama nya sibuk bikin jelly art. :)
setelah jelly art nya jadi, eh malah pada ngga dimakan, kata nya “eman-eman” jelly nya cantik imut-imut jadi ngga tega kalau dimakan. hehe begitulah, nilai seni jelly art memang bikin orang jadi terpesona dan ngga tega buat makan jelly art nya :)

IMG_3462
Bunda bunda dirumah bisa juga nih nyoba-nyoba bikin jelly art, bisa buat refreshing bunda yang demen tantangan cooking…
cara membuat jelly art bisa bunda baca di sini.

untuk order jelly art wilayah sleman dan sekitar nya bisa kontak mamil ya di 08112500222

Happy cooking bunda :)

Keik Ketela Ala Mama Mila

Terbuat dari tepung Mocaf (Modified Cassava Flour / Modifikasi tepung singkong) yakni tepung hasil olahan singkong yang diproses dengan memodifikasi sel singkong melalui fermentasi yang melibatkan mikroba (bakteri asam laktat), tepung mocaf biasa digunakan sebagai salah satu alternatif pengganti tepung terigu.

Singkong yang biasanya hanya diolah menjadi olahan yang terkesan tradisional, kini dapat di modifikasi  menjadi olahan modern yang  berkelas dan mempunyai nilai jual yang lebih dari olahan-olahan biasa. Cita rasa nya pun berbeda, olahan singkong yang kebanyakan rasanya manis, dapat dikreasi sehingga mempunyai cita rasa gurih yang unik. Proses pembuatannya juga tidak rumit, sehingga  bunda dapat  berkreasi sendiri dengan mudah di rumah.

 

keik

Bahan A :

– 5 Butir Telur

– 150 gr Gula pasir

– 1 sdt Cake Emulsifier

–  200 gr  Tepung Mocaf

– 100 ml Susu UHT Cair

 

Bahan B :

– 200 gr Ketela Parut

– 2 butir Kemiri Dihaluskan

– 50 gr Keju

– 700 ml Santan Kara

 

Bahan C :

– 50 ml Saus Tomat

– 100 gr Daging Sapi Giling

– 1 siung Bawang Bombay

– 2 siung Bawang Putih

– Merica bubuk, pala bubuk, garam dan gula secukupnya

– 2 sdm Margarine

 

CARA MEMBUAT :

  1. Campur semua bahan B hingga rata. kemudian sisihkan dahulu dalam wadah.
  2. Buat adonan C : tumis margarine dan bawang bombay sampai harum dan layu, lalu masukkan bawang putih yang telah dihaluskan. Tumis hingga wangi, lalu masukkan daging, aduk rata. Kemudian tambahkan merica, garam dan pala yang sudah dihaluskan, aduk lagi hingga rata. dan terakhir tambahkan saus tomat. Jangan lupa tes rasa/dicicipi, jika ada yang kurang tambahkan sesuai selera. Lalu sisihkan dahulu dalam wadah.
  3. Kocok telur, gula pasir dan emulsifier hingga kental dan berjejak, jika mixer dangkat maka akan membentuk jambul petruk pada adonan. Lalu masukkan tepung mocaf bergantian dengan susu UHT, aduk rata. Bagi menjadi 2 adonan dan tuang dalam loyang yang sudah di olesi margarine dan dialasi kertas roti. Lalu kukus selama 5 menit. Buka adonan yang sudah dikukus tadi lalu tambahkan adonan C (Saus daging) dan taruh adonan B diatasnya, kukus selama 5 menit, lalu taruh saus daging diatas adonan B dan sisa adonan A lalu kukus selama 20 menit hingga matang.
  4. Jika sudah matang, angkat adonan, biarkan dingin lalu keluarkan dari loyang.

 

Selamat Mencoba :)