Category Archives: Uncategorized

Owner Mamamilakitchen Raih Runner Up Lomba Menghias Tumpeng Tingkat DIY

mamamila kitchen

Alhamdulillah, kado yang indah dari gusti Allah penyerahan hadiah lomba Menghias Tumpeng nasi kuning dalam rangka Hari Kartini tahun 2018 mewakili PKK DIY diserahkan oleh GKR Bendara (mewakili Sri Sultan Hamengkubuwono X yang berhalangan hadir). Berkumpul dengan ibu ibu hebat dari Dharmawanita, Jalasenastri, GOW, BOKW, Bhayangkari, dll membawa aura dan energi yang positif, belajar banyak dari mereka kartini hebat masa kini.

Sempat salah hari, tanggal 21 udah dandan cantik ala kartini, ternyata kata bu RT acaranya tanggal 23 (terlalu bersemangat). Hamdalah…puji syukur padamu ya Allah, setiap tahun selalu ada kejutan manis dihari bahagiaku, (tahun lalu tepat hari ini juara 1 lomba tingkat dukuh, maju ke tingkat kabupaten dalam rangka HUT Sleman). Tahun ini mohon maaf tdk bs membantu pedukuhan condong catur untuk maju lomba masak dikarenakan saat lomba sy masih di Belanda.

Smoga dengan semakin bertambahnya usia, menjadikan diriku sebagai pribadi yang lebih baik lagi, welas asih, semakin dikuatkan imanku dalam islam dan insya allah kesuksesan selalu mengiringi…aamiin matursuwun kepada teman” yg sdh turut mendoakan yg baik”, smoga Allah membalas dg kebaikan yg lebih

23 April 2018, Sleman Yogyakarta

This slideshow requires JavaScript.

mamamila kitchen terima order nasi box dan tumpeng ulang tahun

katering dan tumpeng murah jogja 08112500222

Alhamdulillah telah terkirim beberapa hari yang lalu pesanan nasi tumpeng kuning beserta lauk pauknya dan 50 box nasi kuning ples semangka dan kerupuk.

Tumpengan diidentikkan sebagai ungkap rasa syukur, atau tasyakuran, biasanya bisa berupa nasi kuning, nasi putih dan urapan atau nasi gurih/nasi uduk. Kali ini Tumpengan pesanan tante nya mas Rajasa untuk acara hari ulang tahun Mas Rajasa yang ke 17 (sweet seventeen ih happy banget ya pasti smua teman” nya pada kumpul).

Membuat nasi tumpeng itu gampang gampang susah, yang tersulit adalah membuat garnish/hiasan tumpeng kalo menurut saya, untuk isiannya semua orang pastinya bisa memasaknya, tapi untuk menghias, jika tidak terbiasa pastilah kurang memikat. Tips nya mudah, siapkan warna warna cerah, karena nasi sudah warna kuning, bisa dipakai warna merah dari tomat dan cabe teropong, hijau dari daun selada atau peterselly atau timun juga boleh.

Kendala kala itu adalah proses pengiriman, pas hujan deras, pas gocar agak susah. Alhamdulillah setelah 2 kali ganti driver akhirnya menemukan driver yang baiiiik banget, berkenan membawa smua tumpeng dan nasi box nya ke alamat pemesan, Barakallah pak, njenengan selalu menolong sy, waktu itu blio yg membantu saat mobil yg sy kendarai pernah nubruk. Bapak gocar ini orangnya jujur, tidak mau ambil orderan fiktif, pantaslah pak rejekinya dimudahkan karena selalu menolong orang lain maka Allah memudahkan urusan dan rejeki bapak

Disini saya buatkan tulisan selamat ulang tahun dan nama anak yang sedang ultah, tujuannya supaya si anak senang namanya ada di tumpeng tersebut. Semoga suka ya mas, mohon maaf jika ada kekurangan, Selamat Ulang Tahun, sehat selalu smoga tercapai semua cita cita mu

katering dan tumpeng murah jogja

 


WhatsApp order : 08112500222
Instagram : @mamamilakitchen
Jalan Tluki VI No 161 Condong catur, Depok, Sleman, Yogyakarta

Snack box istimewa untuk pengajian tasyakuran

Pesanan snack box istimewa untuk pengajian tasyakuran kali ini, datang dari bumer kesayangan. kenapa saya bilang istimewa, karena ada menu baru yang dijamin bisa bikin ngiler, coro bikang yang mekar dan aroma nya yang bikin baper *) eh laper maksud nya, sekarang sudah masuk daftar menu snack box mamamilakitchen  

This slideshow requires JavaScript.


Bumer pesen snack box sebanyak 120 box untuk pengajian tasyakuran kemarin malam. isinya ada:
– Coro bikang (liat tuh seratnya cakep kan)
– Risol Mayo (andalan jualan)
– Bolu Hongkong topping keju (kesukaan ibu mertua)
– Pudding Mozaic
– Biskuit vege cheese


Alhamdulillah kelar didetik detik terakhir, selesai mefett waktunya karena bikin jajanan begini direcokin sama pak tukang yang lagi masang kitchen set itu rasanya pengen pindah ke dapur tetangga  ( yaaa..abisnya mau gerak aja susah, nasib dapur mungil). Finally bumer happy, pakmer suka, jajannya enak enak 

 

Semoga yang dateng di pengajian semalam pun senang. Insya allah semoga rezeki kami makin lapang, usaha makin sukses gemilang, berkah barokah buat keluarga, karyawan dan tetangga sekitar.

Aamiin Allahuma Aamiin

Soto Matraman Ala NCC

Musim penghujan, enaknya masak yang berkuah dan anget-anget misalnya Soto Matraman. Kali ini saya masak soto ala NCC Matraman. Kuahnya seger, ditambah suwiran ayam dan irisan kentang goreng, serta sambel lombok riwit yang pedesnya mak nyos. Soto ini cocok dimasak buat suguhan jika ada arisan RT atau dasawisma, dijamin jadi idola para tamu, ditambah ubo rampe tempe garit dan kerupuk makin kriuk. Berikut resepnya, selamat mencoba :

Soto Matraman

Soto Matraman

 

Soto Matraman Ala NCC
By Fatmah Bahalwan

Bahan:

  1. 1 ekor ayam, potong 4
  2. 2 ltr air
  3. 1 sdt garam
  4. Minyak goreng secukupnya

 

Bumbu halus:

  1. 10 bh bawang merah
  2. 4 bh bawang putih
  3. 3 cm jahe
  4. 3 cm kunyit
  5. ½ sdt lada
  6. 1 sdt garam
  7. 3 lbr daun jeruk purut
  8. 2 btg sereh, memarkan

 

Pelengkap:

  1. 250 gr soun, siram air panas, tiriskan
  2. 250 gr taoge, siram air panas, tiriskan
  3. 250 gr kol putih, iris tipis
  4. 1 bh tomat, potong dadu
  5. 250 gr kentang, iris tipis, goreng
  6. 1 sdm bawang goreng
  7. 2 btg daun bawang, iris halus
  8. 2 btg seledri, iris halus
  9. 1 bh jeruk nipis, ambil airnya
  10. Kecap secukupnya


Sambal:
100 gr cabe rawit merah

Cara Membuat:

  1. Didihkan air dalam panci, beri garam, masukkan ayam, rebus hingga matang.
  2. Angkat ayam, goreng sebentar, suwir-suwir.
  3. Panaskan sedikit minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan kedalam kaldu.
  4. Didihkan lagi, masukkan daun jeruk dan sereh.

Penyajian:

  1. dalam mangkuk, taruh soun, taoge, sedikit kol, tomat, kentang daun bawang dan daun seledri.
  2. Tuangi kuah soto panas-panas.
  3. Sajikan berdampingan dengan bawang goreng, sambal, kecap dan irisan jeruk nipis.
  4. Sambal: rebus cabe rawit merah hingga lunak, haluskan.
  5. Taruh dalam mangkuk, beri sedikit kaldu.
  6. Soto Matraman Ala NCC siap disantap

 


#resepsoto #sotoenak #mamamilakitchen#masakanrumahan #masakanharian 

Batik Brownis Cake

Beberapa minggu lalu, komunitas BCL ngadain latbar membatik diatas cake. Kebayang donk, rumitnya? Hehehe Tapi sesungguhnya ga serumit yang dibayangkan kok.
Untuk resep cake nya bisa menggunakan resep brownis NY. Liem. Dan topping batik diatasnya menggunakan dcc yg dicairkan lalu menggunakan metode semacam transfer ( jadi kita print dl bahan atau batik yang akan dilukis, lalu kita lukis atau jiplak diatasnya dengan menggunakan mika) butuh ketelatenan saja dan jam terbang, dijamin batik cake nya jadi cakep.
Mamil memilih motif sidomukti. Sebagai perias, soal memilih motif batik pastilah didasari dengan filosofi atau makna dari batik tersebut. kalau dilihat dari asal katanya, batik sidomukti berasala dari 2 kata yaitu sido yang dalam bahasa Jawa berarti: Jadi/Terlaksana dan mukti yang berarti: Makmur/Sejahtera, jadi diharapkan agar sang pemakai batik sidomukti akan hidup makmur dan sejahtera.
Di dalam motif batik sidomukti terdapat ornamen-ornamen utama yang mempunyai arti dan filosofinya masing-masing. Ornamen tersebut adalah:

1. Ornamen Kupu-Kupu

Ornamen ini mempunyai makna pembebasan, pencerahan dan sebuah kesempurnaan. Sebelum menjadi seekor kupu-kupu yang cantik, dulunya adalah seekor ulat yang bertapa di dalam kepompong. Perubahan dari ulat menjadi kupu-kupu yang indah merupakan sebuah gambaran bahwa manusia seharusnya dapat menahan diri (laku prihatin) demi mendapatkan hasil yang lebih baik.

2. Ornamen Singgasana

Gambar singgasana raja menggambarkan sebuah harapan seorang manusia agar naik derajatnya untuk menempati posisi yang tinggi, mulia serta dihormati oleh banyak orang.

3. Ornamen Meru/Gunungan

Gunungan mempunyai arti keteguhan dengan harapan si pemakai batik sidomukti dapat mengendalikan hawa nafsu yang ada di dalam dirinya. Masyarakat Jawa meyakini bahwa seorang yang dapat menahan hawa nafsu dunianya, maka orang tersebut akan memperoleh kemakmuran.

4. Ornamen Bunga

Bunga dalam motif batik sidomukti mempunyai arti yang cukup dalam. Selain sebagai simbol kecantikan dan keindahan, bunga yang terdapat pada motif batik sidomukti merupakan simbol dari sumber kehidupan. Bunga-bunga akan menghasilkan buah dan biji-bijian yang akan berkembang biak dan menjadi makanan bagi makhluk lainnya.

Itulah empat ornamen utama yang terdapat pada motif batik sidomukti beserta makna serta filosofinya. Selain ornamen utama di atas, batik sidomukti juga terdapat ornamen lain berupa isen-isen berupa Sawut (garis-garis lembut yang berjajar sebagai pengisi daun), Cecekan (titik-titik yang memenuhi ruang kosong), Ukel (hiasan daun dengan bentuknya mirip rambut keriting), dan ornament Cecak Pitu (titik-titik yang berjumlah 7 buah).

Ya, disaat teman lain memilih motif yg mudah dibuat semisal kawung atau parang, mamil menantang diri sendiri harus bisa bikin motif sido mukti. Walopun sesungguhnya belom perna sama sekali bikin batik cake. Tapi bismillah aja deh, akhirnya jadi juga yippiiii..lumayaaan buat pemula :D

Berikut resep brownis ny liem:
Sumber : Blog Mb Hesti
brownies_mamamilakitchen.com


Bahan I :
– 6 butir telur
– 225 gr gula pasir
– 1/2 sdt vanili bubuk
– 1/2 sdt garam
– 1 sdt teh emulsifier

Bahan II :
– 125 gr terigu protein sedang
– 50 gr cokelat bubuk
– 1/2 sdt baking powder

Bahan III :
– 175 ml minyak goreng
– 100 gr dark cooking cokelat, lelehkan, campur dgn minyak

Bahan IV :
– 75 ml susu kental manis

Cara membuat :

  1. Campur dan kocok bahan I menjadi satu hingga mengembang dan kental.
  2. Masukkan bahan II sedikit demi sedikit sambil diayak hingga rata. Tuang bahan III, aduk perlahan dengan spatula hingga tercampur rata. Ambil 100 gr adonan, campur dengan bahan IV, sisihkan.
  3. Tuangkan 1/2 bagian sisa adonan tadi ke dalam loyang ukuran 20x20x7 cm (aku pake loyang bulat 22 cm) yang telah diolesi dengan sedikit minyak dan dialasi dengan kertas roti. Kukus selama 10 menit dalam dandang yang sudah terlebih dulu dipanaskan dengan api sedang (cat: kalau terlalu tinggi apinya, brownies akan bergelombang permukaannya)
  4. Tuang adonan yg telah dicampur dengan bahan IV, kukus 5 menit dan terakhir masukkan sisa adonan. Kukus kembali selama 30 menit hingga matang.
  5. Angkat dan dinginkan.

Selamat Berkreasi :)

Referensi : http://www.goresancanting.xyz/2015/08/mengenal-lebih-dekat-motif-batik.html